Akademi Farmasi

Awal mula pendirian Akademi Farmasi Kusuma Husada Purwokerto dikarenakan kebutuhan Asisten Apoteker lulusan Diploma III yang cukup banyak di daerah Jawa Tengah Bagian Selatan – Barat tetapi belum banyak SDM yang berkompeten dibidang asisten apoteker dari daerah tersebut, maka dari itu untuk menjawab tanta ngan tersebut Yayasan Kusuma Husada berinisiatif mendirikan institusi Diploma III Farmasi di daerah Purwokerto.

Akademi Farmasi Kusuma Husada Purwokerto didirikan berdasarkan Surat Rekomendasi Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Nomor HK.03.2.4.1.03547 tanggal 13 September 2005 kepada Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, yang kemudian ditindaklanjuti dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 09/D/O/2006 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program Studi  dan Pendirian Akademi Farmasi Kusuma Husada Purwokerto.

Kampus Akademi Farmasi Kusuma Husada Purwokerto pada awal pendirian terletak di lingkungan Rumah Sakit Tentara 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto tetapi pada perkembangannya karena jumlah mahasiswa yang bertambah serta kebutuhan ruangan untuk proses belajar mengajar dan laboratorium yang mendesak, yayasan Kusuma Husada mendirikan bangunan kampus terpadu untuk tiga institusi yang bernaung di bawahnya di Jalan Soepardjo Roestam No. 170, Sokaraja. Akademi Farmasi mengawali kepindahan pada bulan Agustus 2009 yang kemudian diikuti kedua institusi lainnya pada bulan November 2009.

Sejak Juni 2015, Kampus Akademi Farmasi Kusuma Husada berlokasi di lingkungan SMA Jenderal Sudirman. Lokasi kampus berada di daerah Jl. Gerilya (depan Balai Kelurahan Berkoh atau Belakang Kolam Renang Tirta Kencana) Purwokerto.

Visi

Menjadi Perguruan Tinggi Vokasi Farmasi yang berjiwa pharmapreneur dan Unggul di Tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam pemanfaatan bahan alam pada tahun 2030.

Misi

  1. Menyelenggarakan perguruan tinggi vokasi farmasi rujukan di provinsi Jawa Tengah yang unggul dalam pemanfaatan bahan alam berjiwa pharmapreneur
  2. Menyelenggarakan penelitian yang unggul dalam pemanfaatan bahan alam
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang mendorong pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan bahan alam
  4. Menyelenggarakan kemitraan dan kerjasama dengan institusi lain baik di dalam dan di luar negeri
  5. Menyelenggarakan tata kelola organisasi yang sehat, akuntabel, berkualitas, berkelanjutan.

Tujuan

  1. Menghasilkan Pendidikan Tinggi Vokasi Farmasi yang unggul dalam pemanfaatan bahan alam tingkat Provinsi Jawa Tengah berjiwa pharmapreneur
  2. Menghasilkan penelitian bidang farmasi yang unggul dalampemanfaatan bahan alam
  3. Menghasilkan pengabdian masyarakat bidang farmasi guna mendorong pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan bahan alam
  4. Menghasilkan kemitraan dan kerjasama dengan institusi lain baik di dalam dan di luar negeri
  5. Menghasilkan tata kelola organisasi yang sehat, akuntabel, berkualitas, berkelanjutan.