fbpx
Maret 1, 2020

Sejarah Akademi Kusuma Husada Purwokerto

Awal mula pendirian Akademi Farmasi Kusuma Husada Purwokerto dikarenakan kebutuhan Asisten Apoteker lulusan Diploma III yang cukup banyak di daerah Jawa Tengah Bagian Selatan – Barat tetapi belum banyak SDM yang berkompeten dibidang asisten apoteker dari daerah tersebut, maka dari itu untuk menjawab tantangan tersebut Yayasan Kusuma Husada berinisiatif mendirikan institusi Diploma III Farmasi di daerah Purwokerto.

Akademi Farmasi Kusuma Husada Purwokerto didirikan berdasarkan Surat Rekomendasi Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Nomor HK.03.2.4.1.03547 tanggal 13 September 2005 kepada Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, yang kemudian ditindaklanjuti dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 09/D/O/2006 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program Studi dan Pendirian Akademi Farmasi Kusuma Husada Purwokerto.

Kampus Akademi Farmasi Kusuma Husada Purwokerto pada awal pendirian terletak di lingkungan Rumah Sakit Tentara 04.06.01 Wijayakusuma Purwokerto tetapi pada perkembangannya karena jumlah mahasiswa yang bertambah serta kebutuhan ruangan untuk proses belajar mengajar dan laboratorium yang mendesak, yayasan Kusuma Husada mendirikan bangunan kampus terpadu untuk tiga institusi yang bernaung di bawahnya di Jalan Soepardjo Roestam No. 170, Sokaraja. Akademi Farmasi mengawali kepindahan pada bulan Agustus 2009 yang kemudian diikuti kedua institusi lainnya pada bulan November 2009.