STRTTK – Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian

STRTTK - Surat Tanda Registrasi Tenaga Kefarmasian

Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) adalah tenaga yang membantu Apoteker dalam menjalankan pekerjaan kefarmasian, yang terdiri atas Sarjana Farmasi, Ahli Madya Farmasi, Analis Farmasi dan Tenaga Menengah Farmasi/Asisten Apoteker. Bagi seorang TTK tentu sudah tidak asing lagi dengan STRTTK, setiap TTK wajib memiliki STRTTK. Jadi apa sih sebenarnya STRTTK itu ?

Menurut  Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 889/menkes/per/v/2011 tentang registrasi, izin praktik, dan izin kerja tenaga kefarmasian, Surat Tanda Registrasi Tenaga Teknis Kefarmasian adalah bukti tertulis yang diberikan oleh Menteri kepada Tenaga Teknis Kefarmasian, pada BAB II pasal 2 ayat 1 disebutkan “Setiap Tenaga Kefarmasian yang menjalankan pekerjaan kefarmasian wajib memiliki surat tanda registrasi”, hal ini tentu bertujuan untuk menjamin seluruh Tenaga Kefarmasian telah memiliki kompetensi pada bidangnya. STRTTK sendiri berlaku selama 5 tahun dan dapat diregistrasi ulang selama memenuhi persyaratan.

PERSYARATAN REGISTRASI

Untuk memperoleh STRTTK, Tenaga Teknis Kefarmasian harus memenuhi persyaratan berikut :

  • Mempunyai ijazah sesuai dengan pendidikannya
  • Memiliki surat keterangan sehat fisik dan mental dari dokter yang memiliki surat izin praktik
  • Memiliki rekomendasi tentang kemampuan dari apoteker yang telah memiliki stra, atau pimpinan institusi pendidikan lulusan, atau organisasi yang menghimpun tenaga teknis kefarmasian
  • Membuat pernyataan akan mematuhi dan melaksanakan ketentuan etika kefarmasian

PENYELENGGARAAN UTTK STRTTK di KHP

Setiap tahun mahasiswa Akademi Farmasi Kusuma Husada Purwokerto (KHP) pada tingkat akhir akan diwajibkan untuk mengikuti rangkaian persiapan UTTK (Uji Tenaga Teknis Kefarmasian) agar mahasiswa mendapatkan STRTTK dengan baik. Persiapan dilakukan dengan matang dimulai dengan pendalaman materi-materi yang sudah dipelajari sewaktu proses perkuliahan dilanjutkan dengan TryOut menggunakan sistem CBT (Computer Based Test) diharapkan mahasiswa akan siap untuk menghadapi UTTK.

Akademi Farmasi Kusuma Husada Purwokerto Terbaik

Pada penyelenggaraan UTTK 2020, berkat persiapan yang matang Program studi D3 Farmasi Akademi Farmasi Kusuma Husada Purwokerto berhasil meraih hasil yang cukup memuaskan dengan berada pada peringkat ke-11 Nasional dari ratusan Perguruan Tinggi di Indonesia dan merupakan yang tertinggi di Karesidenan Banyumas.

Ayo kuliah di KHP !

Pendaftaran mahasiswa baru KHP dapat melalui link berikut :

DAFTAR KHP –

DOWNLOAD BROSUR PMB KHP

Informasi pendaftaran :

WA : 088806889266